Selasa, Oktober 14, 2008

Kategori Website

1. Download

a. www.download.com
b. www.misshacker.com
c. www.buku-profitable.com

2. Kesehatan

a. www.solusisehat.net
b. www.medikaholistik.com
c. www.kesehatanonline.com

3. Scooterizm

a. www.vespa-indonesia.com
b. www.ikatan-vespa-indonesia.com
c. orum-ivi.activebb.net

Menemukan Sumber Kerusakan vespa dan Memperbaikinya



Mesin Tidak Dapat atau Sukar Di Starter
Langkah pertama adalah memeriksa sistem penyaluran bahan bakar dan sistem pengapian
  • Sebab-sebab utama kerusakan
    • 1. Mesin Banjir
      2. Spuyer pada karbu tersumbat atau kotor
      3. Saluran pada karbu tersumbat atau kotor
      4. Kran bensin tersumbat atau kotor
      5. Sistem pengapian terganggu

  • Cara Penanggulangan
    • 1. Tutuplah kran bensin, buka gas lebar2 da injak kick starter berulang-ulang sampai mesin hidup (dalam hal ini busi dalam keadaan terpasang)
      2. Bila kick starter teras berat hal ini menunjukan bahwa sudah banyak bensin masuk kedalam ruang bakar bahkan karter. Penanggulangan nya sama seperti diatas namun busi dalam keadaan tidak terpasang jika bensin diperkirakan sudah terbuang maka pasang kembali busi dan selah sampai hidup
      3. Jika diduga spuyer kotor maka bersihkan dengan bensin atau minyak tanah
      4. Jika saluran karburator kotor maka bongkar karburator dan bersihkan
      5. Gejala yang terlihat bila kran bensin kotor adalah sedikit atau tidak ada bensin yang keluar ke karburator, untuk membersihkannya kran bensin harus dilepas dari tangki
      6. Gejala yang terlihat bila pengapian terganggu adalah busi tidak nyala atau nyalanya tidak normal ini ada beberapa kemungkinan :
        - Busi tidak sesuai atau tidak cocok, jika tidak sesusai gantilah dengan yg baru.
        - Celah elektroda busi tidak tepat, setelah celah busi sampai dicapai ukuran yg sesuai.
        - Kabel busi atau kepala busi aus, gantilah dengan yg baru
        - KOndensor rusak, gantilah dengan yg baru
        - Koil rusak, perbaiki atau ganti dengan yg baru
        - Penyetelan pengapian tidak tepat, setelah celah platina atau atur saat pengapian

UBAH PENGAPIAN CDI

Vespa lawas seperti Super, PS dan PX yang belum dilengkapi sistem pengapian CDI sudah barang tentu pengapian tipe platina perlu lebih sering "ditengok" ketimbang yg pake CDI
Kalo mau praktis ubah saja sistem pengapian nya jadi CDI. Beberapa tipe Vespa memang agak sulit dalam pengerjaannya sebab harus mengubah magnet dan menggulung spul baru, namun khusus tipe PX keluaran 80-82 dan super 77-79 jauh lebih mudah karena tipe ini tinggal ganti spul yang dilengkapi IC dan dan micro chip pengapian, berikut langkah modifikasinya :
Image
1. Setelah boks mesin terbuka lepas kipas magnet menggunakan alat bantu yg namanya Treker
Image
2. Lepas seluruh baut spul pengapian dengan obeng, lepas juga seluruh kabel yg menghubungkan ke spul, pada spul ini terdapat lima warna kabel yang memiliki fungsi sendiri-sendiri
3. Setelah itu lepas juga kotak terminal kabel yang terhubung dengan kabel spul
Image
4. Kemudian pasang spul IC, sedangkan micro chip dipasang di kotak terminal yang dilepas tadi, sambung kabel sesuai warnanya; hitam dan putih untuk massa, hijau untuk micro chip, merah untuk ke CDI dan biru ke lampu.
Mudahnya lagi sistem ini ga perlu nyari posisi top

Selamat mencoba....

Sejarah Vespa


Piaggio didirikan pada tahun1884 di Italia oleh Rinaldo Piaggio. Pada awalnya Piaggio adalah pabrikan yang memproduksi peralatan kapal, rel kereta dan gerbong kereta api. Pada saat Perang Dunia Pertama berkecamuk, Piaggio memproduksi pesawat terbang.
Pada akhir Perang Dunia II, pabrik Piaggio di bom oleh pesawat sekutu. Setelah perang usai, Enrico Piaggio mengambil alih Piaggio dari ayahnya (Rinaldo Piaggio). Pada saat itu perekonomian Italia sedang memburuk, Enrico memutuskan untuk mendisain alat transportasi yang murah
Dibantu oleh ahli pesawat terbang Corradino D’Ascanio, Enrico menciptakan sebuah design alat transportasi roda dua dengan inspirasi dan teknologi dari pesawat terbang. Konstruksi suspensi monoshock untuk memudahkan mengganti ban diadaptasi dari roda pesawat terbang, bahkan produk pertamanya benar-benar menggunakan roda depan pesawat terbang. Starter dibuat dari bagian komponen bom, serta bodinya terbuat dari alumunium seperti bodi pesawat terbang.
Menurut berbagai sumber, Vespa di produksi pertama kali pada tahun 1945. Kata ”Vespa” berasal dari kata ”Wesp” yang berarti ”binatang penyengat atau lebah”. Memang konstruksi Vespa jika dilihat dari atas terlihat seperti lebah.
Dalam perkembangannya, Vespa tidak hanya di pasarkan di Italia, tetapi juga laris di Perancis, Inggris, Jerman, Spanyol, Brasil serta India. Karena minat konsumen yang begitu besar, Vespa juga di prosuksi di Jerman dan Inggris.
Selain Vespa, pada masa itu juga lahir berbagai merek kendaraan roda dua jenis ini, seperti Lambreta, Zundap, Heinkel, NSU, Hummel. Akan tetapi yang hingga saat ini eksis di Indonesia adalah Vespa dan disusul oleh Lambretta
Sejarah Vespa di Indonesia
Sebenarnya penulis sendiri tidak tahu persis kapan pertama kali Vespa masuk ke Indonesia. Mencoba mencari referensi ke beberapa narasumber pun tidak membuahkan hasil yang konkret. Masing-masing narasumber mempunyai keterangan yang berbeda-beda, akan tetapi mereka mempunyai persamaan persepsi, bahwa “Demam Vespa” di tanah air sangat di pengaruhi oleh “Vespa Congo”. Vespa diberikan sebagai Penghargaan oleh Pemerintah Indonesia terhadap Pasukan Penjaga Perdamaian Indonesia yang bertugas di Congo saat itu.
Menurut beberapa narasumber, setelah banyak Vespa Congo berkeliaran di jalanan, mulailah Vespa menjadi salah satu pilihan kendaraan roda dua di Indonesia. Importir lokal turut mendukung perkembangan Vespa di tanah air.
Sampai saat ini sudah puluhan varian Vespa yang mampir di Indonesia. Dari yang paling tua hingga yang paling baru ada di Indonesia. Bahkan teman saya dari Philipina menyebut bahwa Indonesia adalah surganya Vespa. Sampai saat ini mungkin masih bisa disebut sebagai surganya Vespa. Maraknya ekspor Vespa, sedikit banyak mengurangi populasi Vespa di Indonesia.

Modifikasi Motor Vespa Menjadi “Trend”

Bogornews---Bagi pengguna sepeda motor, motor Vespa merupakan kendaraan yang sudah tidak asing lagi. Modifikasi sepeda motor vespa di kalangan muda maupun tua kini menjadi trend, meski untuk melakukan modifikasi pemiliknya harus mengeluarkan .uang yang cukup besar. Tapi, yang penting sepeda motor itu bisa tampil beda.

Click to view another photos...

Motor Vespa modifikasi pertama di Indonesia yang menggunakan ban mobil berada di Kota Bogor. Vespa itu milik Ir Benny Siswanto (27) atau terkenal dengan sebutan Bento Bogor, seorang intertainer dan juga bekerja sebagai marketing iklan di salah satu surat kabar terbitan ibu Kota.. Bahkan sepeda motor itu masih dipergunakan untuk keperluan sehari-hari.

Bahkan, vespa milik Benny menjuarai kontes Vespa di Perumahan Vila Duta Bogor pada tahun 1996. “Tim juri menilai motor saya sangat menarik dan baru pertama melihat Vespa memakai ban mobil, Dan motor saya boleh dikatakan sebagai motor pertama di Indonesia yang memakai ban mobil, kata Beny,

Sarjana teknik mesin Universitas Pancasila ini menuturkan, bahwa sepeda motor Vespa itu dibeli dari adik ayahnya yaitu Lenny Herawati pada tahun 1995 seharga Rp 700 ribu, dan ternyata sepeda motor itu keluaran tahun 1975. Ketika itu dia masih duduk di kelas satu STM Mekanika Bogor, jurusan mesin otomotif. Saya tertarik sepeda motor Vespa karena pada saat itu sedang booming, ujar anak pertama dari dua anak pasangan Yulius Siswanto (Akiem) dan Yulita Sari (Ayung).

Setelah motor itu menjadi miliknya, lalu Bento yang memang sejak kecil sering mengkutak-katik mesin dan benda lainnya akhirnya mulai memodifikasi Vespa tersebut. Sebagai pria yang menginjak dewasa ketika itu, Bento memotong kedua sayap motor agar tampil elegan dan mengkrom seluruh mesinnya. Saya segera bergaya membawa motor itu ke sekolah. Dan ternyata banyak teman-teman mengaguminya, ujarnya.

Puas dengan eksperimen pertama itu, Bento pun mulai mengonsepkan Vespa tersebut agar tampil lebih menarik dan beda dari lainnya. Dia pun berjalan-jalan di pasar loak Taman Topi, tiba-tiba matanya tertuju kepada kenalpot Honda Astrea Prima.

Bento segera membelinya seharga Rp 100.000. Bento segera pulang ke rumah dan memasangnya, ternyata Vespa semakin menarik terlebih lagi seluruh mesin dan knalpot dipernekel. Stang motor saya ganti juga dengan stang Honda Astrea Prima, sehingga penampilan Vespa bergaya chopper seperti motor Harley Davidson tetapi saya tidak merubah kerangka aslinya, imbuhnya.
Melihat motornya semakin tampil trandy, Bento semakin semangat untuk lebih menarik. Akhirnya mengganti ban aslinya dengan ban mobil Daihatsu Hijet 55. Biar bisa digunakan, lalu saya menggabungkan dua velg yaitu velg Vespa ukuran 8 inci dan Daihatsu yang berukuran 10 inci. Kedua velg itu di las dan untuk lebih kuat lalu saya ikat dengan enam baut. Spatbornya diganti dengan ukuran motor kuno yaitu DKW yang dibeli di pasar loak seharga Rp 50 ribu. Setelah itu saya membeli ban mobil Daihatsu ukuran 500-10, kata Bento.

Agar lebih kelihatan nyentrik, Bento segera mengganti joknya dengan jok motor DKW. Dan dia pun segera memesan lampu belakang sepeda motor Harley Davidson ukuran 750. Saya pesan ke Bandung, dan akhirnya saya dapatkannya. Saya membelinya seharga Rp 500.000. Jadi motor ini saya modif selama tujuh bulan, tuturnya.

Setelah motornya tampil elegan dan berbeda dengan yang lainnya, suatu ketika dia ditawarkan untuk ikut kontes sepeda motor Vespa yang diadakan di Perumahan Vila Duta. Ketika memasuki arena kontes, ternyata mata pengunjung mengarah sepeda motor Vespa milik Bento. Dan ternyata tim juri menilai Vespa tersebut sebagai pemenang pertama, karena dinilai sangat menarik dan pertama di Indonesia yang menggunakan ban mobil. Terlebih lagi sepeda motor Vespa itu dicat metalik dan diperneke, “ katanya.(red-BN)

TEHNIK DASAR MOTOR VESPA

Secara fisik, Skuter adalah jenis kendaraan bermotor roda dua (2) dimana pengendara dimanjakan dengan kontruksi kendaraan yang unik dan nyaman juga keamanannya dalam mengendarai. Menurut Sejarah, Skuter dalam bahasa Italy adalah ” Tawon” hal ini terobsesi dari bentuk atau skuter yang menyerupai Tawon. Skuter yang terlahir dari negara Italy ini di produksi oleh Piaggio ini bermerkkan VESPA

Keberadaan Vespa di Indonesia ternyata bisa menyatukan ratusan orang dan membuat mereka bersaudara atau lebih kerennya di sebut BROTHERHOOD. Berawal dari saling bertukar informasi diantara penggemar- penggemar vespa, hubungan ini kian erat dan akhirnya terjalin persaudaraan Yang melahirkan Club atau Komunitas yang tidak menonjolkan ego individu, tetapi hal ini lebih untuk membentuk persaudaraan dalam satu Komunitas guna mempererat tali persaudaraan antara sesama penggemar vespa.

Bertolak ukur dari hal di atas tiada maksud dari saya untuk menyombongkan diri, maksud dan tujuan saya tidak lain berbagi pengalaman dan bertukar pikiran kepada rekan-rekan sekalian. Adapun kelebihan dan kekurangan dari prologh ini Saya pribadi mohon dikoreksi, Karna pada dasarnya tidak ada manusia di dunia ini yang sempurna.


PRINSIP DASAR KINERJA MESIN VESPA

Prisip dasar kinerja dari pada mesin vespa ini berbasis dua tak atau dua langkah, langkah pertama adalah pembilasan serta percampurannya antara bahan bakar dan udara yang sebelumnya sudah di atur dari karburator, lalu langkah kedua proses penekanan bahan bakar keruang bakar sehingga terjadilah ledakan dari percikan api busi dan bahan bakar yang berakibat adanya dorongan seher yang memutar poros engkol dan kopling gir transmisi. Di bawah ini saya akan menjelaskan perangkat mesin vespa super yang terdiri dari

I. KARBURATOR
Karburator adalah satu komposisi alat yang mengatur suplai bahan bakar ke ruang bakar, ini sebuah alat yang berkerja secara kinetik tanpa alat elektronik sipengendara hanya mengatur suplai udara melalui tuas gas yan ada distang kemudi lalu perangkat lainnya dari karburator menyesuaikan dengan sendirinya.

II. PENGAPIAN
Yang disebut Proses pengapian adalah terjadinya satu percikan api busi sebagai penyulut bahan bakar yang telah tercampur dan terbilas oleh poros engkol atau krukas yang ada dalam ruang bakar guna terjadinya ledakan yang menghasilkan dorongan seher. Api yang ada di busi daihasilkan dari SPUL PLATINA yang ada dalam medan magnet, setrum dari spul di stabilkan KONDENSATOR berukuran 2 farad lalu di sinyalkan atau sistem pemulsaran oleh PLATINA setrum yang melalui proses di atas di perkuat atau perbesar oleh KOIL, proses ini berdampak percikan api di BUSI berkekuatan lebih dari 4000 voltase dengan titik ampere lemah

III. RUANG BAKAR
Ruang bakar adalah satu ruang yang ada di dalam mesin vespa untuk menghasilkan tenaga berkapasitas 150 CC, di sini terjadi proses MIXTURISASI atau penyampuran antara bahan bakar berjenis bensin dengan udara KRUKAS atau poros engkol stelah bahan bakartercampur di transperkan oleh seher yang nya tlah terdorong oleh proses sebelumnya melelui rongga ransfering yang ada pada BLOK SILINDER, lalu bahan bakar mengalami penekannan ke ruang vakum yang ada pada HEAD SILINDER di sini lah terjadi ledakan hasil dari tekanan dan percikan api busi, sisa bahan bakar yang berjenis korbon dioksida dibuang ke udara lepas melalui lubang buang mengarah ke KNALPOT yang berfungsi menmanfaatkan gas buang sebagai kompresi balik untuk menyempurnakan proses selanjutnya, dan juga knalpot ini berfungsi sebagai peredam suara ledakan,

IV. ROTASI ATAU PUTARAN MESIN
Tiga proses di atas menghasilkan rotasi atau perputaran mesin dan gir-gir yang ada di girbok di melalui KOPLING atau cluth yang berpungsi sebagai otomatis penetral putaran gir sesui dengan keinginan pengendara dalam gir bok terdiri dari GEAR PRIMER atau lebih di kenal dengan gigi borobudur rotasi dari gigi borobudur ini berhubungan langsung dengan GEAR SEKUNDER atau lebih dikenal sebagai gigi seri. Pengaturan transmisi dari kecepatan gigi 1 ke 4 doleh CRASH GEAR atau gigi silang pengaturan ini langsung di hubung kan ke kendali atau stang motor, keunikan mesin ini dalam mantransferkan tenaga tidak menggunakan sistem rantai. Dalam perawatan lebih murah dan mudah yang terpenting adalah ketelitian dan ka apikan kit menggunakan mesin ini.

MASALAH YANG SERING TERJADI SERTA PENYELESAIAN NYA

i. Karburator sering kotor atau spuyer tersendat Dalam masalah ini berdampak langsung dengan laju motor, motor dalam melaju tersendat- sendat atau motor malah sulit untuk hidup terkadang
pula busi sering mati terlihat dari ujung busi isolatornya berwarna hitam kelang yang mengakiobatkan hilang nya percikan api di busi Penyelesaiannya:

1. Bersihkan tangki bahan bakar dari kotoran dan karat
2. Periksa selang bensin dari kerak bahan bakar
3. Bersihkan karburator menggunakan kompresor angin perikasa kembali lubang- lubang spuyer jangan sampai ada kotoran yang tertinggal, ketelitian di tuntut dalam hal ini
4. Periksa ukuran lobang spuyer sudah pas belum jangan sampai kebesaran atau kekecilan. Bila kebesaran motor akan boros bahan bakar dan juga busi sering mati. Ukuran ubang spuyer berpatokan pada ukuran standar pabrik
5. Setingan atau penyetelan jarum ideal harus pas menurut pengalaman saya caranya denmgan menyetel stasioner karbu pada stelan tertinggi, lalu putar jarum ideal menggunakan obeng kekanan stelah berhenti putaran jarum kendorkan kembali ke kiri perlahan-lahan sampai terdengar suara mesin di putaran ter tinggi,

ii. PENGAPIAN
Permasalahan dalam pengpian juga akan berdampak langsung pada laju motor atau motor tidak bisa hidup, susah starter motor biasanya kendala pengapian berada pada stelan platina yang tidak benar, bisa juga salah satu perangkat pengapian sperti Busi, Koil, Platina, Kondensor, Spul pengapian ada yang sudah tidak layak pakai atau mati. penyelasaiannya:
Langkah pertama periksa warna ujung busi, bila berwarna hitam kelang busi tidak akan memercikan api solusinya stel ulang ukuran spuyer pilot jet dam main jet, beila warna ujung busi merah bata maka pariksa ke bagian yang pengapian yang lainnya. Koil yang layak pakai apabila kita konsletkan kabel busi dengan jarak ke massa mesin kira kira 8 mm masih terjadi loncatan api berwarna biru, bila tida berwarana biru di sini percikan atau laoncatan api berwarna merah ini berarti stelan platina tidak benar atau si koilnya yang memang sudah lemah, loncatan api dari koil dipengaruhi langsung oleh stelan platina, Penyetelan platina yang benar adalah berjarak kerenggangan antara konektor minus dan konektor plus nya kira-kira 0,5mm. dengan menggunakan obeng min, perlu di ingat penyetelannya jangan di ketok karna hal akan mepersingkat umur pakai platina karna entara konektor tidak lurus atau bengkok. Loncatan yang terjadi pada platina juga
berkaitan dengan kondisi kondensator Pemeriksaan kondensator amat lah mudah apa bila terjadi lancatan api di platina ini di karenakan kondensator anda sudah tidak layak pakai, ganti kondensor anda atau ada cara lain yaitu cangkok kondensor dengan kondensor lainnya atau sistem kondensatornya di double dengan ukuran kapasitas kondensor yang sama 2 farad, Yang terakhir adalah cek spul pengapian anda masih layak pakai atau harus di gani degngan yang baru, tanda spul pengapian rusak, biasanya kumparan spul lecet, gulungan spul kendor, spul putus.
Apabila semuanya stabil maka anda wajib memeriksa nap puur atau ketepatan pengapian tapi sebelumnya lihat dulu kondisi spi magnet patah atau tidak juga lihat kondisi rotor masih bagus atau sudah tidak, ukuran nap puur adalah 21 drajat sebelum titik mati poros atau kondisi pala seher di atas.
iii. Motor macet tidak bisa starter Ini adalah suatu trable mesin yang lebih fatal biasanya hal ini terjadi di kerenakan lakher atau BEARING ada yang rusak, stang sekher atau CONECTING ROOD rusak, ring sekher patah, sekher atau PISTON tidak layak pakai, perangkat di gear bok ada yang patah, PER GIGI PRIMER rontok, PLAT KOPLING yang sudah tidak layak pakai. GIGI STATER ompong atau rontok. Proses penyelesainnya harus turun mesin dan kita harus bongkar semua perangkat mesin agar lebih mudah pengecekan nya. Apabila dalam pengecekan perangkat ternyata ada yang rusak lebih baiknya kita ganti dengan yang baru, untuk menjaga hal-hal yang tidak di inginkan yang bisa saja nanti terjadi di dalam kita mengoprasikan kendaraan
kita di jalan.
iv. Motor tidak nyaman di kendarai atau goyang Dalam kondisi ini diluar dari pada mesin kecuali perangkat penunjang dan stabizer getaran atau karet mesin, masalah ini menyangkut kenyamannan kita dalam berkandara karna semua ini akan berdampak langsung dalam SAFETY REEDING keselamatan kita terancam bila hal ini di biarkan. Adapun panenggulangnganya sbb:
cek kondisi kelayakan ban dan pelek, bila ban botak harus ganti kondisi pelek pun harus stabil jangan ada speleng atau goyang Cek kondisi as ayun masih layak pakai atau tidak, biasanya dalam kondisi ini pala babi depan akan goyang apa bilia as ayun rusak, semua itu berdampak langsung pada sistem kendali kendaraan anda, Cek lassan bodi pada titik tumpu seperti, DEK MOTOR, TULANG BUAYA, LUBANG AS MESIN, TUMPUAN SOK BLAKANG, DLL. Bila terjadi keropokan pada bodi jangan biarkan hal itu berlarut karna akan berakibat kerusakan bodi yang lebih fatal bahkan pernah terjadi notaor tiba tiba patah. Cek kondisi STABIZER GETARAN atau karet-karet mesin dan shokbreker juga MOUNTING sok blakang, bila terlihat sudah usang atau rusak harus cepat-cepat di ganti. Cek SOKBREAKER, apa bila sok breker sudah lemah baik pernya atau sok wajib untuk kita ganti, jangan lupa kondisi mur roda baik depan maupun belakang dalam kondisi kencang dan terkunci paku pengunci. Jangan sekali kali anda pertaruh kan nyawa anda hanya karena malas untuk memperbaikinya.